International Business

 Halo, Sobat Dunia Kampus 


Apa sih itu bisnis internasional? Bisnis Internasional merupakan sesuatu yang mengacu pada transaksi komersial atau kegiatan perdagangan yang biasanya terjadi antara dua atau lebih negara. Transaksi komersial mencakup berbagai kegiatan yang dilakukan baik oleh pemerintah negara atau investor swasta yang mungkin melakukan bisnis di tingkat internasional dengan investor lain di negara lain.

Pada konteks yang lebih luas, bisnis internasional menggabungkan semua kegiatan bisnis yang memerlukan melintasi batas-batas nasional melalui transaksi barang, jasa atau pertukaran sumber daya antara dua atau lebih negara.Perdagangan internasional antar negara yang berbeda selalu merupakan hubungan timbal balik yang terutama ditentukan oleh hubungan diplomatik yang terjalin antara negara-negara peserta.

Negara yang berbeda memiliki hubungan diplomatik yang berbeda dengan negara lain dan ini secara signifikan menentukan perdagangan internasional/ hubungan diplomatik yang buruk antara dua negara atau negara regional mengganggu perdagangan internasional antar negara. Kebijakan luar negeri suatu negara juga memainkan peran penting dalam menentukan partisipasi suatu negara dalam perdagangan internasional.

Munculnya bisnis internasional terutama dipengaruhi oleh meningkatnya globalisasi yang menyelaraskan hubungan global antar berbagai negara; yang melihat berbagai perusahaan skala operasi mereka ke tingkat internasional kemudian mengarah pada munculnya perusahaan multinasional seperti coca-cola. Beberapa perusahaan melakukan merger dengan perusahaan lain di negara yang berbeda untuk memanfaatkan peluang yang ada untuk meningkatkan penjualan mereka di tingkat internasional.

 

Peran penting divisi internasional

Divisi internasional memainkan peran penting dalam menentukan hubungan yang ada di antara negara-negara yang berbeda dan selanjutnya mempengaruhi bisnis internasional. Perpecahan internasional ditentukan oleh berbagai faktor yang terutama ditentukan oleh faktor sosial, politik, ekonomi dan sampai batas tertentu geografis.

Keragaman faktor sosial dan ekonomi di antara negara-negara yang berbeda memainkan faktor penting dalam menentukan tren perdagangan internasional antara negara-negara yang berbeda dan aliansi regional dan kadang-kadang mempengaruhi perdagangan antar benua.

Beberapa faktor sosial yang terjadi  atas perpecahan internasional termasuk agama, budaya, orientasi geografis dan pemerintahan dan struktur ekonomi. Divisi internasional memainkan peran penting dalam menentukan hubungan internasional suatu negara. Kebijakan pasar suatu negara menentukan pola perdagangan internasional yang dilakukan negara tersebut.

 

 Tantangan dalam bisnis internasional

Ada sejumlah tantangan yang terkait dengan bisnis internasional. Beberapa tantangan yang mempengaruhi bisnis lokal juga mempengaruhi bisnis internasional pada kapasitas yang sama. Tantangan tersebut bersifat dinamis dan bervariasi sesuai dengan negara peserta serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan oleh negara tersebut. Tantangan tersendiri adalah cara negara peserta menetapkan strategi untuk menghadapi tantangan perdagangan global.

Pasar global dihadapkan pada berbagai hambatan mulai dari struktur pasar keuangan global hingga kebijakan luar negeri negara peserta. Keragaman dan kompleksitas budaya, politik dan institusional masih memainkan peran besar dalam menentukan pola perdagangan internasional seperti sejak awal perdagangan internasional. Kekhawatiran lain yang akan datang dalam bisnis internasional termasuk perubahan iklim, munculnya terorisme internasional dan penipuan internasional.

Salah satu tantangan yang secara signifikan mempengaruhi perdagangan internasional adalah perumusan strategi perdagangan global dan pelaksanaan strategi yang telah ditetapkan. Para administrator dan pembuat kebijakan yang bertanggung jawab penuh untuk memfasilitasi perdagangan internasional selalu mengganggu proses bisnis global.

Berbagai kebijakan selalu berdampak pada pola bisnis global dan dalam kebanyakan skenario, kebijakan yang ketat tidak mendukung perkembangan perdagangan internasional. Ada sejumlah besar bisnis yang memiliki potensi untuk menjalankan operasi bisnis mereka dalam skala dunia, tetapi beberapa berhasil mendapatkan pengakuan internasional karena kurangnya paradigma internasional yang tepat yang hanya cenderung berpihak pada beberapa perusahaan internasional.

Tantangan ekonomi dan keuangan juga memainkan peran penting dalam tantangan keberlanjutan dan perkembangan perdagangan internasional. Organisasi sumber daya untuk memulai bisnis internasional sangat bergantung pada variasi nilai mata uang internasional, krisis keuangan internasional atau depresi ekonomi di antara negara-negara yang berpartisipasi dan terutama negara tuan rumah, variasi harga minyak di arena global, variasi harga internasional seperti naik dan turunnya harga berbagai komoditas yang diketahui menarik perhatian internasional, dan aturan ekspor yang terkait dengan negara pengekspor atau aturan impor yang ada di negara-negara tersebut.

 

Peluang utama dalam perdagangan internasional

Perdagangan internasional sangat bergantung pada faktor-faktor yang menyelaraskan hubungan global antar berbagai negara. Peluang yang dapat memfasilitasi pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis internasional dapat dilihat dari perspektif sosial, ekonomi, fisik, dan infrastruktur. Semua faktor yang berusaha menyelaraskan keseimbangan pasar global berfungsi sebagai peluang untuk memfasilitasi pertumbuhan dan keberlanjutan perdagangan internasional.

 Salah satu peluang kunci yang memfasilitasi permulaan, dan keberlanjutan dan pertumbuhan yang berkelanjutan adalah globalisasi. Globalisasi bertanggung jawab penuh atas saling ketergantungan antar negara yang pada akhirnya berujung pada integrasi transaksi bisnis di tingkat global. Globalisasi juga mengakibatkan integrasi orang dan gagasan di tingkat internasional dan ini menyediakan lingkungan yang sehat untuk menopang pertumbuhan transaksi bisnis internasional dan kegiatan perdagangan lintas batas.

Integrasi akibat globalisasi secara luas terbukti karena investasi internasional yang dieksploitasi oleh berbagai perusahaan multinasional dan arus keuangan lintas batas. Bukti menunjukkan bahwa globalisasi telah memberikan kontribusi besar terhadap kebangkitan dan pertumbuhan perdagangan internasional . Timbulnya globalisasi menyelaraskan perbedaan budaya antara berbagai negara dan ini memberikan kesempatan untuk pertukaran sumber daya antara negara yang berbeda.

Peluang lain yang dapat memfasilitasi pertumbuhan adalah dengan  perdagangan internasional antara lain meningkatnya privatisasi, pasar bebas, pengembangan lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF). Perkembangan aliansi regional seperti Common Wealth dan Uni Eropa melihat peningkatan dalam perdagangan internasional,

 

Kesimpulan

Bisnis internasional membutuhkan interaksi berbagai lembaga pemerintah. Ini menyiratkan bahwa itu lebih dipengaruhi oleh hubungan pemerintah daripada kemajuan teknologi dan awal globalisasi. Berdasarkan hal tersebut, negara peserta harus menetapkan kebijakan yang tepat untuk mengatur hubungan luar negeri dengan negara lain.

Bisnis internasional sangat penting untuk pembangunan negara mana pun melalui ekspor dan impor yang menghasilkan pendapatan asing dan pada saat yang sama memfasilitasi perolehan sumber daya yang tidak dimiliki negara tersebut. Namun, kita tetap harus memperhatikan dalam menyeimbangkan tradeoff antara impor dan ekspor untuk menghindari kasus inflasi.

 



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kewirausahawaan di Era Digital

Business Plan

Marketing Channel Activities