Kewirausahawaan di Era Digital
Halo Sobat Dunia Kampus
Kewirausahaan digital atau dengan kata lain Digital Enterpreneur adalah istilah yang menggambarkan bagaimana kewirausahaan akan berubah, karena bisnis dan masyarakat terus ditransformasikan oleh teknologi digital. Kewirausahaan digital menyoroti perubahan dalam praktik wirausaha, teori, dan pendidikan.
kewirausahaan digital membuka kemungkinan baru bagi siapa pun yang berpikir untuk menjadi wirausaha. Beberapa peluang lebih bersifat teknis, tetapi banyak yang lain berada dalam jangkauan bagi siapa saja yang mempelajari keterampilan dasar kewirausahaan digital. Keterampilan dasar ini termasuk menemukan pelanggan baru secara online, membuat prototipe ide bisnis baru, dan meningkatkan ide bisnis berdasarkan data.
Dalam Kewirausahaan diperlukan strategi bisnis
Strategi Bisnis
1. Keunggulan kompetitif
diperoleh dengan berfokus pada kepuasan pelanggan. (Contoh - jasa potong daging
untuk kebutuhan khusus
2 pelanggan, next day
services) Omnichannel untuk menghubungkan dunia offline ke online. (Contoh : setiap
outlet di dorong masuk ke eCommerce dengan standar operasi tertentu)
3. Big Data Menggunakan
SAP Business One untuk mendukung transaksi bisnis, membuat data warehouse untuk
pengambilan keputusan.
4 Cybersecurity -
melindungi informasi bisnis perusahaan (Sophos Central)
5. Kapabilitas digital untuk mendukung perusahaan
masuk ke dunia digital.
Tantangan dan peluang
bisnis digital di Indonesia
Bisnis digital yang telah memberikan efek besar untuk Indonesia
1. Mobile internet , total mobile internet user, million 73
% of total internet users access via mobile.
2. Cloud Technology, total cloud services, vendor revenues,
$ million
3. Internet of things, Total connected devices, million units
4. Big data and advances analytics, internet protocol traffic
per month, petabyte
Pengaruh Internet
Harga per 500 MB - $3.4
(no 2 termurah dari 20)
Internet bandwidth - 6.2
kb/user (no 19 dari 20)
Rerata koneksi - 3.9
MBPS (no 18 dari 20)
Link internasional hanya
0,01 mbps /user,Singapura 2,74 mbps
user Palapa Ring -
35.000 km.
Cakupan 4G baru 23 %
(2015).
Penggunaan media sosial
termasuk tertinggi di dunia;
Jakarta dianggap ibu
kota Twitter dunia. Tahun 2016, pendapatan e-commerce di Indonesia berjumlah
USD 6 miliar, dan78 persen pengguna Internet saat ini melakukan pembelian
secara online Sekitar 75 persen pembelian online dilakukan melalui perangkat
seluler.
Populasi pengguna
internet meningkat karena HP murah
Start up : Gojek,
Traveloka Tokopedia
Bukalapak Alfacart,
MatahariMall
Financial Services Ovo,
Dana, Gopay, Kartuku, HaloMoney
Pendanaan startup (2016)
- USD 1.7 Milyar.
Future of digital
Enterpreneur
Di sektor pabrik
·
Pabrik
modern dilengkapi sensor yang dipasang di lini produksi dan mengirim status
operasi secara online ke bagian pengendali.
·
Big
Data" akan digunakan untuk meningkatkan efisiensi, hasil, kualitas,
kondisi alat untuk pemeliharaan
·
Sistem
online pendukung manajemen rantai pasokan.
·
Pekerjaan
berbahaya, berat atau berulang dilaksanakan secara otomatis.
Di Perusahaan Tambang
·
Digitalisasi
akan meningkatkan produktivitas tambang secara signifikan.
· Perencanaan
tambang dilakukan dengan software yang menggabungkan pertimbangan geologi dan
peralatan.
·
Kendaraan
besar di lokasi - eskavator dan truk angkut, misalnya akan menjadi tanpa
pengemudi, sebagai gantinya dilengkapi dengan sensor untuk mengumpulkan data
medan serta melakukan diagnostik mandiri untuk pemeliharaan prediktif.
·
Drone
akan memantau data lingkungan seperti kualitas udara, suhu, dan cuaca untuk
mengoptimalkan operasi sehari-hari.
Retail
·
Toko
ritel digital hampir tidak membutuhkan sumber daya manusia.
·
Seorang
pelanggan akan dapat masuk ke toko pakaian dan menerima pemberitahuan tentang
promosi yang disesuaikan berdasarkan riwayat pembelian.
·
Augmented
reality akan mengubah cara kita mencoba pakaian
·
Pembayaran
akan dilakukan secara otomatis
·
Kemampuan
mengoptimalkan inventaris dan rak simpan secara otomatis dan mengisi stok
berdasarkan analisis pelanggan dan data penjualan
Pertanian
·
Cara
pertanian lama hampir ditinggalkan.
·
Traktor
otonom yang dikendalikan GPS akan melakukan sebagian besar pekerjaan, mulai
dari menyiapkan tanah dan menabur benih hingga memanen hasil bumi serta
mengangkutnya ke tempat pengumpulan.
·
Sistem
penyiraman dan pemupukan otomatis akan menggunakan sensor untuk mengoptimalkan
kondisi tanah dan meminimalkan limbah,
·
Ternak
akan diberi geotag dengan sensor lokasi dan kesehatan.
2. Wirausaha di
era Digital
Kompetensi atau
skill yang dibutuhkan seorang wirausaha
Target Financial à Kepuasan pelanggan à Proses internal à Belaajr & berkembang
Target Financial
1. Pelanggan baru
2. Pelanggan
loyal
3. Hemat Biaya
4. Aset produktif
Kepuasan
Pelanggan :
1. harga
2. kualitas
3. tersedia
4. pilihan
5. fungsi
6. layanan
7. mitra
8. citra
Proses Internal
Operasi Pelanggan Inovasi Regulasi & Sosial
·
Pasokan - Seleksi - Identifikasi peluang - Lingkungan
·
Produksi - Akuisisi - R&D -
Keselamatan &
·
Distribusi - Loyalitas - Rancang/ Bangun kesehatan
·
Resiko - Tumbuh - Luncurkan - Pekerja
Belajar dan
Berkembang
1. SDM
2. Informasi
3. Organisasi
Kompetensi yang
harus dimiliki seorang wirausahawan
1. Komunikasi -
Komunikasi adalah keterampilan penting wirausaha. Wirausaha harus bisa
menjelaskan ide berulang kali, promosi ke investor atau pelanggan. Keterampilan
komunikasi baik pribadi maupun profesional akan adalah kunci sukses
wirausahawan.
2. Finansial -
Memiliki kecerdasan finansial sangat penting dalam wirausaha. Mengendalikan
arus kas sangat penting baik bagi solopreneur, freelancer ataupun bisnis besar.
3. Merk - Apa
"wajah" usaha anda? Setiap wirausaha harus memiliki merek dan setiap
wirausaha adalah merek. Cara bicara, cara menanggapi email, cara memperkenalkan
diri cara menulis adalah merk "citra " anda sebagai wirausaha.
Pikirkan Apple, Facebook dan Tesla, apakah Steve Jobs, Mark Zuckerberg, atau
Elon Musk muncul di benak Anda? Perusahaan-perusahaan ini tidak hanya terkenal
dan berpengaruh di dunia, tetapi mereka juga memiliki merek yang kuat yang
dipengaruhi oleh para pendirinya.
4. Marketing -
Seorang Wirausahawan, punya produk terbaik di dunia, tapi jika tidak ada yang
tahu, produk tidak akan berharga. Pahami secara mendalam berbagai disiplin ilmu
pemasaran digital untuk mengoptimalkan Search Engine, pemasaran medsos, pay per
click, pemasaran konten dan pemasaran via email.
5.Networking -
Tali silaturahmi akan memperluas rezeki. Makin luas jaringan tali silaturahmi
yang dibangun, makin kuat pondasi bisnis seorang wirausaha.
6. Automation -
Melakukan hal yang sama berulang kali, akan mengurangi produktivitas wirausaha.
Jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka pelajari cara menggunakan atau
melakukan pendelegasian.
7. Design - Beda
produk bagus dan produk hebat adalah desain. Banyak wirausaha yang mengabaikan
"desain produk" dan terburu-buru masuk pasar sehingga menemukan
kegagal besar. Desain bukan hanya tampilan, tetapi fungsinya.
8. Analytics - Belajar
menganalisis menjadi hal penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi,belajarlah
membuat keputusan berdasar data.
9. Technical -
Pemrograman memang suatu keterampilan penting dunia digital. Namun tidak semua
harus bisa itu, pemahaman sederhana tentang algoritma dan cara berpikir
terstruktur, akan mengembangkan pemikiran logis untuk pemecahan masalah yang
kompleks.
10. Learning - Online
Learning adalah salah satu keterampilan penting di era digital, yang akan
membantu untuk meningkatkan kinerja bisnis
Sangat informatif
ReplyDelete