Digital Marketing

Halo Sobat Dunia Kampus

 

Pada zaman sekarang ini, Digital Marketing telah menjadi bagian intrinsik dari kehidupan semua orang. Mulai dari penggunaan pribadi hingga penggunaan profesional, pemasaran digital adalah tempat bermain bagi orang-orang untuk terus memperbarui kehidupan mereka serta menjalin jaringan dengan klien potensial yang akan membantu bisnis mereka tumbuh.

Digital Marketing/ Pemasaran Digital adalah pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama di internet, tetapi juga termasuk telepon seluler, iklan tampilan, dan media digital lainnya. Pemasaran digital, promosi produk atau merek melalui satu atau lebih bentuk media elektronik berbeda dari pemasaran tradisional karena menggunakan saluran dan metode yang memungkinkan organisasi untuk menganalisis kampanye pemasaran dan memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak - biasanya secara nyata.

Pemasaran Digital telah muncul sebagai salah satu profesi yang paling dicari. Pelanggan sering kali mencari informasi secara online dan kemudian membeli di toko-toko dan juga melihat-lihat di toko-toko dan kemudian mencari opsi lain secara online Riset pelanggan online tentang produk sangat populer untuk barang-barang berharga lebih tinggi serta barang-barang habis pakai seperti bahan makanan dan tata rias Konsumen semakin banyak menggunakan Internet untuk mencari informasi produk. bandingkan harga, dan telusuri penawaran dan promosi.

 

Mengapa pemasaran digital penting?

Media digital begitu meluas sehingga konsumen memiliki akses ke informasi kapan pun dan di mana pun mereka menginginkannya. Media digital adalah sumber hiburan, berita, belanja, dan interaksi sosial yang terus berkembang, dan konsumen sekarang tidak hanya terpapar misalnya pada apa yang terjadi pada perusahaan  katakan tentang merek yang ada, tetapi juga apa yang dikatakan media, teman, kerabat, rekan kerja, dll.. Orang menginginkan merek yang dapat mereka percayai, perusahaan yang mengenal mereka, komunikasi yang dipersonalisasi dan relevan, dan penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

 

Cara untuk meningkatkan efektivitas pemasaran digital

Cara khusus untuk meningkatkan keefektifan pemasaran digital adalah pemasaran konten Pemasaran konten dapat secara singkat dijelaskan sebagai "menyampaikan konten yang dicari audiens di tempat yang mereka cari, ditemukan bahwa pemasaran konten sangat hadir dalam digital pemasaran dan menjadi sangat sukses ketika pemasaran konten dilibatkan. Ini karena pemasaran konten membuat merek produk lebih relevan dengan konsumen sasaran, serta lebih terlihat oleh konsumen sasaran.

Pemasar juga dapat menggunakan email sebagai strategi yang efektif dalam hal pemasaran digital karena ini adalah cara lain untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.

Lalu juga dengan pembentukan eksklusivitas pelanggan: Daftar pelanggan dan detail pelanggan harus disimpan di database untuk ditindaklanjuti dan pelanggan terpilih dapat dikirimi penawaran dan promosi yang dipilih terkait dengan perilaku pembeli sebelumnya dari pelanggan. Ini efektif dalam pemasaran digital karena memungkinkan organisasi untuk membangun loyalitas.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari pemasaran digital, sebaiknya buat kampanye iklan Anda memiliki persyaratan teknis yang rendah. Ini mencegah beberapa konsumen tidak dapat memahami atau melihat kampanye iklan.Imbalan Penawaran yang menggiurkan akan selalu membantu dalam membuat kampanye digital yang sukses. Berikan hadiah di akhir kampanye. Ini pasti akan mengundang lebih banyak keterlibatan dan publisitas dari mulut ke mulut.

 

Saluran (Channels)

Pemasaran digital difasilitasi oleh banyak saluran, Sebagai pengiklan, tujuan utama seseorang adalah menemukan saluran yang menghasilkan komunikasi dua arah maksimum dan ROI keseluruhan yang lebih baik untuk merek tersebut. Ada beberapa saluran pemasaran online yang tersedia yaitu, Pemasaran afiliasi - Pemasaran afiliasi dianggap tidak dianggap sebagai cara pemasaran yang aman, andal, dan mudah melalui platform online. Hal ini disebabkan kurangnya keandalan dalam hal afiliasi yang dapat menghasilkan.menuntut jumlah pelanggan baru. Sebagai akibat dari risiko ini dan afiliasi yang buruk, merek rentan terhadap eksploitasi dalam hal mengklaim komisi yang tidak diperoleh dengan jujur. Sarana hukum mungkin menawarkan perlindungan terhadap hal ini namun ada batasan dalam memulihkan kerugian atau investasi.

 

Iklan bergambar - Istilah ini menyimpulkan bahwa Iklan Tampilan Online berkaitan dengan menampilkan pesan atau ide promosi kepada konsumen di internet. Ini termasuk berbagai macam iklan seperti blog periklanan, jaringan, iklan interstisial, data kontekstual, iklan di mesin pencari, iklan rahasia atau iklan dinamis.

Pemasaran email, Pemasaran email dibandingkan dengan bentuk pemasaran digital lainnya dianggap murah, ini juga merupakan cara untuk mengkomunikasikan pesan dengan cepat seperti proposisi nilai mereka kepada pelanggan yang ada atau calon pelanggan.

 

Pemasaran Media Sosial - Istilah Pemasaran Digital 'memiliki sejumlah aspek pemasaran karena mendukung berbagai saluran yang digunakan di dan di antaranya, datanglah Media Sosial. Saat kita menggunakan saluran media sosial (Facebook, Twitter Pinterest, Instagram, Google+, dll.) Untuk memasarkan produk atau layanan, strateginya disebut Pemasaran Media Sosial.

Iklan game - Iklan dalam Game didefinisikan sebagai "penyertaan produk atau merek dalam game digital". Gim ini memungkinkan merek atau produk untuk menempatkan iklan dalam gim mereka, baik secara halus atau dalam bentuk spanduk iklan.

 

Strategi dan perencanaan Pemasaran Digital

Perencanaan pemasaran digital merupakan istilah yang digunakan dalam manajemen pemasaran. Ini menjelaskan tahap pertama pembentukan strategi pemasaran digital untuk sistem pemasaran digital yang lebih luas. Perbedaan antara perencanaan pemasaran digital dan tradisional adalah bahwa ia menggunakan alat komunikasi dan teknologi berbasis digital seperti Web Sosial. Mobile, Scannable Surface, Meski demikian, keduanya sejalan dengan visi, misi perusahaan dan strategi bisnis yang menyeluruh.

 

Tahapan perencanaan

Dengan menggunakan pendekatan Dr. Dave Chaffey, Perencanaan Pemasaran Digital (DMP) memiliki tiga tahapan utama: Strategi dan Tindakan Peluang. Dia menyarankan bahwa bisnis apa pun yang ingin menerapkan strategi pemasaran digital yang sukses harus menyusun rencana mereka dengan melihat peluang, strategi, dan tindakan. Pendekatan strategis generik ini sering memiliki fase tinjauan situasi, penetapan tujuan, alokasi sumber daya formulasi strategi dan pemantauan.

 

1) Peluang

Untuk membuat DMP yang efektif, bisnis pertama-tama perlu meninjau pasar dan menetapkan 'SMART' (Spesifik, Terukur, Tujuan yang Dapat Ditindaklanjuti, Relevan, dan Terikat Waktu). Mereka dapat menetapkan tujuan SMART dengan meninjau arusbenchmark dan Key Performance Indicator (KPIS) perusahaan dan kompetitor. Penting bahwa analitik yang digunakan untuk KPI disesuaikan dengan jenis, tujuan, misi, dan visi perusahaan,Perusahaan dapat memindai peluang pemasaran dan penjualan dengan meninjau jangkauan mereka sendiri serta jangkauan influencer. Ini berarti mereka memiliki keunggulan kompetitif karena mereka mampu menganalisis pengaruh rekan pemasar dan asosiasi merek mereka.

 

2) Strategi

Untuk membuat strategi digital terencana, perusahaan harus meninjau proposisi digital mereka dan mengkomunikasikannya menggunakan teknik penargetan pelanggan digital. Jadi, mereka harus mendefinisikan proposisi nilai online (OVP), ini berarti perusahaan harus menyatakan dengan jelas apa yang mereka tawarkan kepada pelanggan secara online. misalnya,Penentuan posisi merek. Perusahaan juga harus memilih (kembali) segmen pasar sasaran dan persona serta menentukan pendekatan penargetan digital.

Setelah melakukan ini secara efektif, penting untuk meninjau bauran pemasaran untuk opsi online. Bauran pemasaran terdiri dari 4P - Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. Beberapa akademisi telah menambahkan tiga elemen tambahan pada 4P tradisional yaitu Proses pemasaran, Tempat dan Penampilan fisik sehingga menjadikannya 7P dari pemasaran.

 

3) Tindakan

Tahap ketiga dan terakhir mengharuskan perusahaan untuk menetapkan anggaran dan sistem manajemen ini harus menjadi titik kontak yang dapat diukur, seperti audiens yang dijangkau di semua platform digital.Selanjutnya, pemasar harus memastikan anggaran dan sistem manajemen mengintegrasikan media yang dibayar, dimiliki dan diperoleh dari perusahaan. Tindakan dan tahap akhir perencanaan juga mengharuskan perusahaan untuk mengatur pembuatan konten terukur. Media online lisan, visual, atau tertulis.

 

 

 

 

 

 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kewirausahawaan di Era Digital

Business Plan

Marketing Channel Activities