Digital Marketing
Halo Sobat Dunia Kampus
Pada zaman
sekarang ini, Digital Marketing telah menjadi bagian intrinsik dari kehidupan
semua orang. Mulai dari penggunaan pribadi hingga penggunaan profesional,
pemasaran digital adalah tempat bermain bagi orang-orang untuk terus memperbarui
kehidupan mereka serta menjalin jaringan dengan klien potensial yang akan
membantu bisnis mereka tumbuh.
Digital
Marketing/ Pemasaran Digital adalah pemasaran produk atau layanan yang
menggunakan teknologi digital, terutama di internet, tetapi juga termasuk
telepon seluler, iklan tampilan, dan media digital lainnya. Pemasaran digital,
promosi produk atau merek melalui satu atau lebih bentuk media elektronik
berbeda dari pemasaran tradisional karena menggunakan saluran dan metode yang
memungkinkan organisasi untuk menganalisis kampanye pemasaran dan memahami apa
yang berhasil dan apa yang tidak - biasanya secara nyata.
Pemasaran Digital
telah muncul sebagai salah satu profesi yang paling dicari. Pelanggan sering
kali mencari informasi secara online dan kemudian membeli di toko-toko dan juga
melihat-lihat di toko-toko dan kemudian mencari opsi lain secara online Riset
pelanggan online tentang produk sangat populer untuk barang-barang berharga
lebih tinggi serta barang-barang habis pakai seperti bahan makanan dan tata
rias Konsumen semakin banyak menggunakan Internet untuk mencari informasi
produk. bandingkan harga, dan telusuri penawaran dan promosi.
Mengapa pemasaran
digital penting?
Media digital
begitu meluas sehingga konsumen memiliki akses ke informasi kapan pun dan di mana
pun mereka menginginkannya. Media digital adalah sumber hiburan, berita,
belanja, dan interaksi sosial yang terus berkembang, dan konsumen sekarang
tidak hanya terpapar misalnya pada apa yang terjadi pada perusahaan katakan tentang merek yang ada, tetapi juga
apa yang dikatakan media, teman, kerabat, rekan kerja, dll.. Orang menginginkan
merek yang dapat mereka percayai, perusahaan yang mengenal mereka, komunikasi yang
dipersonalisasi dan relevan, dan penawaran yang disesuaikan dengan kebutuhan
dan preferensi mereka.
Cara untuk meningkatkan
efektivitas pemasaran digital
Cara khusus untuk
meningkatkan keefektifan pemasaran digital adalah pemasaran konten Pemasaran konten
dapat secara singkat dijelaskan sebagai "menyampaikan konten yang dicari
audiens di tempat yang mereka cari, ditemukan bahwa pemasaran konten sangat
hadir dalam digital pemasaran dan menjadi sangat sukses ketika pemasaran konten
dilibatkan. Ini karena pemasaran konten membuat merek produk lebih relevan
dengan konsumen sasaran, serta lebih terlihat oleh konsumen sasaran.
Pemasar juga
dapat menggunakan email sebagai strategi yang efektif dalam hal pemasaran
digital karena ini adalah cara lain untuk membangun hubungan jangka panjang
dengan konsumen.
Lalu juga dengan
pembentukan eksklusivitas pelanggan: Daftar pelanggan dan detail pelanggan
harus disimpan di database untuk ditindaklanjuti dan pelanggan terpilih dapat
dikirimi penawaran dan promosi yang dipilih terkait dengan perilaku pembeli
sebelumnya dari pelanggan. Ini efektif dalam pemasaran digital karena
memungkinkan organisasi untuk membangun loyalitas.
Untuk mendapatkan
manfaat penuh dari pemasaran digital, sebaiknya buat kampanye iklan Anda
memiliki persyaratan teknis yang rendah. Ini mencegah beberapa konsumen tidak
dapat memahami atau melihat kampanye iklan.Imbalan Penawaran yang menggiurkan
akan selalu membantu dalam membuat kampanye digital yang sukses. Berikan hadiah
di akhir kampanye. Ini pasti akan mengundang lebih banyak keterlibatan dan
publisitas dari mulut ke mulut.
Saluran
(Channels)
Pemasaran digital
difasilitasi oleh banyak saluran, Sebagai pengiklan, tujuan utama seseorang
adalah menemukan saluran yang menghasilkan komunikasi dua arah maksimum dan ROI
keseluruhan yang lebih baik untuk merek tersebut. Ada beberapa saluran
pemasaran online yang tersedia yaitu, Pemasaran afiliasi - Pemasaran afiliasi
dianggap tidak dianggap sebagai cara pemasaran yang aman, andal, dan mudah
melalui platform online. Hal ini disebabkan kurangnya keandalan dalam hal
afiliasi yang dapat menghasilkan.menuntut jumlah pelanggan baru. Sebagai akibat
dari risiko ini dan afiliasi yang buruk, merek rentan terhadap eksploitasi
dalam hal mengklaim komisi yang tidak diperoleh dengan jujur. Sarana hukum mungkin
menawarkan perlindungan terhadap hal ini namun ada batasan dalam memulihkan
kerugian atau investasi.
Iklan bergambar -
Istilah ini menyimpulkan bahwa Iklan Tampilan Online berkaitan dengan
menampilkan pesan atau ide promosi kepada konsumen di internet. Ini termasuk
berbagai macam iklan seperti blog periklanan, jaringan, iklan interstisial, data
kontekstual, iklan di mesin pencari, iklan rahasia atau iklan dinamis.
Pemasaran email, Pemasaran
email dibandingkan dengan bentuk pemasaran digital lainnya dianggap murah, ini
juga merupakan cara untuk mengkomunikasikan pesan dengan cepat seperti
proposisi nilai mereka kepada pelanggan yang ada atau calon pelanggan.
Pemasaran Media
Sosial - Istilah Pemasaran Digital 'memiliki sejumlah aspek pemasaran karena
mendukung berbagai saluran yang digunakan di dan di antaranya, datanglah Media
Sosial. Saat kita menggunakan saluran media sosial (Facebook, Twitter
Pinterest, Instagram, Google+, dll.) Untuk memasarkan produk atau layanan,
strateginya disebut Pemasaran Media Sosial.
Iklan game -
Iklan dalam Game didefinisikan sebagai "penyertaan produk atau merek dalam
game digital". Gim ini memungkinkan merek atau produk untuk menempatkan
iklan dalam gim mereka, baik secara halus atau dalam bentuk spanduk iklan.
Strategi dan
perencanaan Pemasaran Digital
Perencanaan
pemasaran digital merupakan istilah yang digunakan dalam manajemen pemasaran.
Ini menjelaskan tahap pertama pembentukan strategi pemasaran digital untuk
sistem pemasaran digital yang lebih luas. Perbedaan antara perencanaan
pemasaran digital dan tradisional adalah bahwa ia menggunakan alat komunikasi
dan teknologi berbasis digital seperti Web Sosial. Mobile, Scannable Surface,
Meski demikian, keduanya sejalan dengan visi, misi perusahaan dan strategi
bisnis yang menyeluruh.
Tahapan
perencanaan
Dengan
menggunakan pendekatan Dr. Dave Chaffey, Perencanaan Pemasaran Digital (DMP) memiliki
tiga tahapan utama: Strategi dan Tindakan Peluang. Dia menyarankan bahwa bisnis
apa pun yang ingin menerapkan strategi pemasaran digital yang sukses harus
menyusun rencana mereka dengan melihat peluang, strategi, dan tindakan.
Pendekatan strategis generik ini sering memiliki fase tinjauan situasi,
penetapan tujuan, alokasi sumber daya formulasi strategi dan pemantauan.
1) Peluang
Untuk membuat DMP
yang efektif, bisnis pertama-tama perlu meninjau pasar dan menetapkan 'SMART'
(Spesifik, Terukur, Tujuan yang Dapat Ditindaklanjuti, Relevan, dan Terikat
Waktu). Mereka dapat menetapkan tujuan SMART dengan meninjau arusbenchmark dan
Key Performance Indicator (KPIS) perusahaan dan kompetitor. Penting bahwa analitik
yang digunakan untuk KPI disesuaikan dengan jenis, tujuan, misi, dan visi
perusahaan,Perusahaan dapat memindai peluang pemasaran dan penjualan dengan
meninjau jangkauan mereka sendiri serta jangkauan influencer. Ini berarti
mereka memiliki keunggulan kompetitif karena mereka mampu menganalisis pengaruh
rekan pemasar dan asosiasi merek mereka.
2) Strategi
Untuk membuat
strategi digital terencana, perusahaan harus meninjau proposisi digital mereka dan
mengkomunikasikannya menggunakan teknik penargetan pelanggan digital. Jadi,
mereka harus mendefinisikan proposisi nilai online (OVP), ini berarti
perusahaan harus menyatakan dengan jelas apa yang mereka tawarkan kepada
pelanggan secara online. misalnya,Penentuan posisi merek. Perusahaan juga harus
memilih (kembali) segmen pasar sasaran dan persona serta menentukan pendekatan
penargetan digital.
Setelah melakukan
ini secara efektif, penting untuk meninjau bauran pemasaran untuk opsi online.
Bauran pemasaran terdiri dari 4P - Produk, Harga, Promosi, dan Tempat. Beberapa
akademisi telah menambahkan tiga elemen tambahan pada 4P tradisional yaitu
Proses pemasaran, Tempat dan Penampilan fisik sehingga menjadikannya 7P dari
pemasaran.
3) Tindakan
Tahap ketiga dan
terakhir mengharuskan perusahaan untuk menetapkan anggaran dan sistem manajemen
ini harus menjadi titik kontak yang dapat diukur, seperti audiens yang
dijangkau di semua platform digital.Selanjutnya, pemasar harus memastikan
anggaran dan sistem manajemen mengintegrasikan media yang dibayar, dimiliki dan
diperoleh dari perusahaan. Tindakan dan tahap akhir perencanaan juga
mengharuskan perusahaan untuk mengatur pembuatan konten terukur. Media
online lisan, visual, atau tertulis.
Artikel yang sangat bagus!
ReplyDelete